Latest Updates

Pertumbuhan Internet di Indonesia tertinggi

Bagi pengguna internet di Asia Tenggara, Indonesia rupanya berhasil mencapai sebanyak 48% pengguna aktif internet. Setidaknya itulah hasil yang dilakukan Net Index Study yang diselenggarakan oleh Yahoo. Jumlah itu naik 26% dibandingkan pada tahun 2009. Hal itu disebabkan peningkatan pengguna internet melalui ponsel atau internet mobile dan trend untuk mengakses media online.  Tarif dan ekspansi 3G di Indonesia rupanya memainkan peranan penting dalam pertumbuhan internet. Pengguna jaringan sosial juga mencapai hingga 77%, naik sekitar 19% dari tahun lalu. Di negara lain seperti Vietnam. Jumlah pembaca berita online dan gamer rupanya juga meningkat. Sebanyak 97% warganya memperoleh berita melalui situs portal berita lokal dan internet. Meski demikian, penggunaan media sosial meraih persentase lebih rendah. Hanya 40% pengguna memanfaatkan forum online dan 20% lainnya lebih menikmati layanan blog. Sementara penggunaan internet mobile rupanya masih rendah, yaitu 19%.

Persentase itu sebetulnya sudah naik 9% ketimbang jumlah pengguna di tahun lalu. Dan setelah ditelusur, kota Ho Chi Minh dan Da Nang lah yang memimpin dalam penggunaan internet mobile. Beda lagi di Filipina. Internet mobile rupanya telah berkembang pesat di tahun ini. Dibandingkan pada tahun 2009, sebanyak 18% pengguna menggunakan internet untuk mencari informasi. Sementara sebanyak 62% memanfaatkan akses untuk mencari gambar dan mengunjungi situs berbagi video yang mencapai 52%. Gaung kehebohan situs jejaring sosial Facebook rupanya menyentuh warga Filipina. Sebanyak 79% pengguna internet lebih suka membuka situs besutan Mark Zuckenburg ini. Rupanya, yang menjadi tujuan utama media sosial di negara ini adalah untuk ber-networking yang mencapai 53% dan untuk mengakses konten sebanyak 30%.

Hasil studi tersebut menyoroti tiga perubahan utama di tahun ini. Pertama adalah pengguna di daerah kini lebih banyak mengkonsumsi media online untuk mencari tahu informasi terbaru. Kedua, meningkatnya pengguna dalam keterlibatan di media sosial internet, baik dari segi kontribusi maupun dalam mendistribusikan informasi di internet. Terakhir adalah meningkatnya konsumsi para pengguna pada konten berisi hiburan, gosip dan game. "Pada saat ledakan pertumbuhan internet di Asia Tenggara, Yahoo adalah industri terkemuka dalam komitmennya untuk menyediakan pemasar dengan pengetahuan yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang besar yang tersedia di setiap daerah," ujar Ken Mandel selaku Wakil Presiden Pasar Regional Iklan Yahoo! di Asia Pasifik. Dikutip dari Media Asia. Net Index Study ini bertujuan untuk meneliti trend penggunaan internet di Indonesia, Malaysia, Vietnam dan Filipina di setiap tahunnya. Studi ini merupakan kerjasama antara Yahoo, TNS, Nielsen dan Synovate.[fas/dn]

0 Response to "Pertumbuhan Internet di Indonesia tertinggi"

Post a Comment